HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN


HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN

            Makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh antara lain :
·         Karbohidrat
Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga ( penghasil kalori) dan mempertahankan tubuh. Sumber dari karbohidrat yaitu, beras, jagung, gandum, singkong, kentang, sagu, dan roti.
·         Protein
Protein berguna sebagai zat pembangun sel-sel yang rusak.Protein berasal dari tumbuhan yang disebut protein nabati contohnya, tempe, tahu, kacang-kacang,Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani,contohnya daging,telur,ikan ,udang dan susu.
·         Lemak
Lemak berfungsi untuk menghasilkan kalori. Sumber lemak ada dua macam yaitu dari hewan dan tumbuhan.
·         Mineral berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sumber bahan makanan yang mengandung mineral adalah kalsium ( sayuran, kacang-kacangan).
·         Vitamin
Vitamin yang berguna sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh.
          Sumber bahan makanan yang mengadung vitamin dan kegunaan yaitu :
1.     Vitamin A
Sumber bahan makanan dari vitamin A yaitu Hati, susu, mentega, minyak, ikan, sayuran, dan buah-buahan yang berwarna jingga da merah seperti wortel, papaya, tomat. Kegunaan dari vitamin A adalah menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi.
2.    Vitamin B
Sumber bahan makanan dari vitamin B yaitu Buah-buahan dan sayuran segar seperti jeruk, nanas, cabe, tomat dan papaya. Kegunaan dari vitamin B yaitu mencegah sariawan, menjaga agar dinding pembuluh darah kuat, menjaga tulang, gigi, dan gusi agar tetap sehat.
3.    Vitamin D
Sumber bahan makanan dari vitamin D yaitu minyak, ikan, susu, dan mentega. Kegunaan dari vitamin D adalah membantu proses pertumbuhan tulan, mencegah penyakit rakhitis dan membantu memelihara tulang serta gigi.
4.    Vitamin E
Sumber bahan makanan dari vitamin E yaitu biji-bijian ( terutama yang sedang berkecambah) telur, mentega, dan susu. Kegunaan dari vitamin E adalah mencegah kemandulan, sebagai pelindung sel-sel darah merah, menghaluskan kulit, menyuburkan rambut.
5.    Vitamin K
Sumber bahan makanan dari vitamin K yaitu sayuran hijau, kacang kedelai, susu, kuning telur dan bayam.Kegunaan dari vitamin K yaitu membantu proses pembekuan darah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PLATYHELMINTHES