PROFESI GURU

“PROFESI GURU”
          Bercita-cita menjadi seorang pendidik (guru) merupakan cita-cita yang sangat mulia. Guru mendidik siswa sehingga siswa yang awalnya tidak tau menjadi tau. Guru merupakan modal terwujudnya suatu negara yang sejahtera. Karena salah satu tugas guru adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
          Namun kenyataannya banyak masyarakat yang meremehkan profesi “GURU” terutama di daerah asal saya bahkan ada yang mengatakan “lebih baik saya tidak kuliah kalau Cuma ingin jadi guru”. Mereka berfikir bahwa menjadi seorang pendidik itu mudah. Namun, kanyataannya untuk menjadi seorang pendidik tidaklah semudah yang mereka kira.
          Mereka menganggap bahwa pekerjaan seorang guru hanya berangkat ke sekolah, memaparkan materi, memberi tugas kepada siswa kemudian pulang. Pada kenyataannya, berprofesi sebagai guru tuntuntannya sangatlah banyak, dimana kita sebagai guru harus bisa memahami karakter semua peserta didik yang kita ajar, harus bisa membuat proses pembelajaran lebih bermakna dan bermanfaat dengan mengkombinasikan antara model, metode, dan materi pembelajaran yang didukung dengan media yang digunakan dalam proses belajar-mengajar sehingga  membuat siswa tertarik, tidak merasa bosan dan mampu memahami materi yang disajikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Katanya, menjadi seorang guru itu gajinya sedikit dan honornya lama. itu kan tergantung rezeki dari masing-masing individu karena rezeki sudah diatur oleh sang Pencipta. Memang iya pendidik itu jarang yang hidup glamor karena mereka tau bahwa semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin sederhana pula penampilannya. Sungguh kasihan mereka yang menilai orang lain dari segi harta dan penampilannya, karena itu menandakan bahwa mereka MINIM DALAM PENDIDIKAN dan HAUS AKAN ILMU PENGETAHUAN....

                   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PLATYHELMINTHES